Jumat, 06 Juli 2012

MASYARAKAT HARUS WASPADAI DBD PADA PERUBAHAN CUACA SEKARANG.



Masal News.
 Memasuki musim pancaroba, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menghimbau masyarakat untuk mewaspadai perubahan musim hujan ke kemarau. Pada musim tersebut sering mewabah penyakit DBD (demam berdarah dengue), diare, flu burung hingga hepatitis A.
Untuk mengantisipasi berjangkitnya berbagai penyakit termasuk DBD yang kerap kali menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). pihak dinas kesehatan (Dinkes) Jabar  telah menyiapkan stok obat-obatan. Dan melakukan koordinasi dan informasi ke daerah-daerah, khususnya kawasan rawan KLB. Penyemprotan tempat-tempat kumuh atau fogging juga sudah dilakukan di beberapa daerah.
Demikian dikatakan, Kepala Dinkes Jabar Alma Lucyana melalui Kasie Pengendalian Penyakit Uus Sukmara, kepada wartawan, Jumat (6/7/2012) di ruang kerjanya. Menurutnya, dinkes Jabar telah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam mengatasi kekurangan air akibat kemarau  yang sering menimbulkan penyakit akibat lingkungan kurang sehat.
Uus juga menyatakan, kepada seluruh petugas yang ada di daerah, setidaknya bisa proaktif dalam mewaspadai segala kemungkinan yang ada terutama di wilayah Ciamis, Kabupaten Bogor, Garut, dan Sukabumi. “Sampai saat ini memang belum ada laporan wabah DBD, tapi tak ada salahnya untuk siaga dan waspada,” jelas Uus.
Walaupun belum terjadi KLB, namun yang harus diwaspadai dampak langsung dari pancaroba yang kerap menimpa balita dan anak-anak dan tidak menutup kemungkinan juga terhadap kita . Seperti perubahan cuaca yang saat ini cenderung dingin. “Kami menerima laporan 24 jam melalui sms yang dilaporkan petugas. Sebab bisa saja DBD tiba-tiba muncul dan terus meningkat” katanya.(Rony)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar