Jumat, 03 Agustus 2012

3000 DESA PADA TAHUN 2013 TERIMA BANTUAN INFRASTRUKTUR Rp.100 Juta.



Masal News.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan tahun 2013 mendatang, sekitar 3000 desa di Jawa Barat, insya Allah akan menerima “Bantuan Infrastruktur Pedesaan” dengan nilai masing-masing Rp 100 juta.
Untuk tahun 2012 ini program tersebut akan diuji cobakan di  100 desa. Program tersebut merupakan terobosan dalam memberdayakan kawasan pedesaan. “Selain Program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban, maka program bantuan infrastruktur pedesaan diarahkan untuk membantu pemerintahan desa dalam mengakselerasi pemenuhan kebutuhan infrastruktur,” ujarnya.
 Di hadapan ribuan masyarakat Kabupaten Subang yang berkumpul di Alun-Alun Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang,Rabu (1/8) pagi.Lebih lanjut Heryawan menyatakan, sebagai ujung tombak pemerintahan dan pembangunan, maka sudah sepatutnya pemerintahan desa mendapatkan perhatian khusus.
Hal itu dimaksudkan agar akselerasi pembangunan dapat berlangsung sinergi dan harmoni, dari tingkat Provinsi hingga Pedesaan. Sudah tentu semua itu bermuara pada pemerataan hasil pembangunan dan peningkatan taraf kehidupan yang lebih baik. Apalagi saat ini sudah ada 250 desa yang sejak tahun 2010 mendapat program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban. Rincianya 100 desa digulirkan tahun 2010 dan 150 desa pada tahun 2012. Dimana masing-masing desa tersebut mendapat kucuran anggaran Rp 1 miliar.
“Semua bantuan tersebut pada dasarnya ingin memajukan dan memberdayakan kawasan pedesaan. Saya ingin pedesaan sebagai kawasan yang terdepan menerima bantuan dan dapat berkembang sesuai dengan keinginan kita semua. Dan kedua program, tersebut dijalankan agar akselerasi pembangunan kawasan pedesaan berjalan simultan. Apalagi masing-masing program diberikan dan dikucurkan berdasarkan kebutuhan yang sudah melalui kajian dan penilaian. Kita ingin maju bersama dan sejahtera bersama,” tegas Heryawan yang disambut meriah dalam acara Pencanangan Bulan Penimbangan Balita.
 Peluncuran Desa Mandiri dan Penyerahan Simbolis Bantuan Infrastruktur Perdesaan serta Bantuan Bagi Desa Hutan dan Pesisir di Jawa Barat.
Menurut Heryawan kedua program tersebut tidak akan tumpang tindih. Karena desa yang mendapat program Desa Mandiri tidak akan mendapat program Bantuan Infrastruktur.
Intinya, kedua program tersebut berjalan sinergi disesuaikan dengan tujuan dan peruntukan serta kondisi di masing-masing desa. “Tidak hanya itu, bantuan yang diberikan juga didasarkan pada kebutuhan dasar yang disesuaikan dengan karakteristik dan spesifikasi kawasan pedesaan. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menggulirkan bantuan bagi desa hutan dan desa pesisir. Dan untuk tahun 2012 ini ada 10 desa hutan dan desa pesisir yang mendapatkan bantuan dalam rangka pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan,” ungkapnya. (Rony)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar