Senin, 18 Juni 2012

LAUNCHING PENINGKATAN PELAYANAN SAMSAT DI JAWA BARAT




Masal News Bandung.Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yakin perubahan pelayanan Samsat dengan sistem pokja (kelompok kerja) akan membuat proses pelayanan menjadi lebih cepat.
Kelompok kerja yang dimaksud merupakan perubahan pelayanan menjadi hanya di satu loket. Nantinya, di satu loket tersebut, sudah lengkap seperti petugas pelayanan dari kepolisian, Dispenda, dan Jasa Raharja, serta Bank BJB. Sehingga, masyarakat yang misalnya akan mengurus pengesahan STNK tidak perlu lagi bolak balik ke sejumlah loket, namun cukup di satu loket saja.

"Dengan bentuk pokja satu loket di beberapa instansi jadi berkas jalan sendiri di dalam. Makanya dengan semakin singkat, prosesnya pasti jadi lebih cepat," kata Gubernur Jabar Ahmad Herwayan saat ditemui usai acara launching Peningkatan Pelayanan Samsat di wilayah Jawa Barat di Samsat Kota Bandung Timur Jalan Soekarno-Hatta, Senin (18/6/2012).

Heryawan mengatakan akan segera menerapkan sistem tersebut ke kota-kota lain di Jawa Barat. Saat ini, sistem pokja tersebut baru ada di Kota Bandung."Sementara ini baru di tiga samsat di Kota Bandung. Kita akan tingkatkan lagi nantinya," tegasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Jawa Barat Bambang Heryanto mengatakan, enam peningkatan pelayanan yang dilakukan Kantor Bersama Samsat, bukan atas dasar ide atau pemikiran satu instansi atau lembaga. Peningkatan tersebut merupakan realisasi dari kenyataan yang ada di masyarakat.
Bambang mengambil contoh, warga-warga yang jauh seperti di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur harus ke Kota Cianjur yang berjarak puluhan kilo meter untuk mengurus surat dan pajak kendaraan bermotor.

"Jadi yang berada di daerah tidak perlu jauh-jauh. Dengan penambahan armada, nantinya samsat keliling juga akan kita buat semi permanen,waktunya mungkin lebih singkat dan jaraknya juga dekat. Ide juga tidak datang dari manapun, Ini berdasarkan fakta yang muncul di masyarakat," jelas Bambang  

Menurut Bambang, peningkatan pelayanan sudah seharusnya dilakukan secara kontinue. "Tugas pokok dan misi kita adalah selalu meningkatkan pendapatan, dan pelayanan yang kita lakukan bukan hal luar biasa, ini rutin kita lakukan dan kita ingin menunjukkan inilah beberapa produk baru kami," tegasnya. ( Rony ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar