Sabtu, 16 Juni 2012

DEDE YUSUP UNGGUL TELAK DI SURVEI LSI



Bandung,Masal News.
Dede Yusuf kini sedang di atas angin. Dia unggul telak atas para pesaingnya pada hasil survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) terhadap bakal calon gubernur Jabar 2013.
Direktur PT Citra Komunika LSI Toto Izul Fatah bahkan menyebut langkah wakil gubernur Jabar itu menduduki kursi Jabar I periode 2013-2018 hanya bisa terjegal oleh tsunami politik.
"Jika tidak ada tsunami politik dalam beberapa bulan ke depan, Dede Yusuf akan memenangkan pilgub," kata Toto dalam konferensi pers di salah satu rumah makan di Jalan Sulanjana Bandung beberapa waktu lalu.

Tsunami politik yang dimaksud adalah berita miring terkait Dede Yusuf. "Tsunami politik itu adalah kasus besar yang menimpa calon tersebut entah berupa skandal korupsi, perbuatan asusila dan lain sebagainya. Bahkan bisa dibuat oleh kompetitornya," jelasnya.

Namun, kata dia, tsunami politik itu tidak otomatis membuat kans Dede memenangi pilgub turun. Sebab, hal itu kembali ke masyarakat apakah percaya kabar itu atau tidak.
Dede Yusuf diprediksi menang dalam Pilgub Jabar 2013 berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Ada beberapa alasan kenapa Dede lebih diunggulkan dibanding bakal calon (balon) gubernur lainnya seperti Ahmad Heryawan, Irianto MS Syafiuddin alias Yance, hingga Rieke 'Oneng' Dyah Pitaloka.

Pertama, Dede unggul dari semua segmen pemilih. Segmen pemilih itu mulai dari berdasarkan jenis kelamin, agama, usia, suku, hingga tingkat pendidikan penghasian.
Dari kalangan pemilih laki-laki, Dede dipilih 46,4% responden sementara oleh perempuan dipilih 36%. Di belakang Dede, Ahmad Heryawan dan Yance masing-masing menguntit di dengan raihan suara cukup kecil yang tidak mencapai 10% dari responden.

Pemilih dengan agama muslim dan non muslim juga memilih Dede dengan raihan suara masing-masing 42,3% dan 22,2%. Berdasarkan tingkat pendidikan, Dede juga unggul telak dan mendapatkan raihan suara hingga 47,2%. Sementara di bawahnya ada Rieke Dyah Pitaloka dan Ahmad Heryawan dengan raihan suara di bawah 21%.
Berdasarkan klasifikasi pendapatan responden, Dede mendapat pilihan responden hingga 63,3%. Di posisi berikutnya ada Ahmad Heryawan dan Yance yang raihannya di bawah 10%.(Rony)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar