Sabtu, 14 Juli 2012

GUBERNUR JABAR BUKA COOPERATIVE FAIR KE 9.



Masal News.
Gubernur Jabar. Ahmad Heryawan membuka Cooperative Fair ke-9 Tahun 2012 di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Sabtu (14/7) siang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara peringatan Hari Koperasi ke-65 Tahun 2012 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Menurutnya kegiatan ini sangat penting guna mendorong tumbuh kembangnya koperasi Jawa Barat. Apalagi cikal bakal perkoperasian di Indonesia dimulai di Jawa Barat, tepatnya di Kota Tasikmalaya, sebagai lokasi diselenggarakannya Kongres Koperasi ke-1 , pada tanggal 12 Juli 1947. Itu artinya, koperasi di Jawa Barat harus lebih maju dibanding di provinsi lainnya di Indonesia.

Saat ini, lanjut Heryawan, berdasarkan data Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Jawa Barat per Desember 2011, jumlah Koperasi di Jawa Barat mencapai 23.848 unit atau melonjak naik dibanding tahun 2010 yang berjumlah 22.091 unit. Sedangkan jumlah anggotanya hingga saat ini sebanyak 4.505.205 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah total penduduk Jawa Barat saat ini, maka ada sekitar 10 persen lebih merupakan anggota koperasi. “Sangat besar potensinya,” ujarnya. Sehingga tidak heran bila kontribusi koperasi cukup nyata dalam struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Barat.

Karenanya menurut Heryawan, Pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan keberpihakan lebih kepada pengembangan KUMKM. Tentu porsi perhatiann yang dialokasikan kepada KUMKM tidak serta merta menghambat pelaku usaha besar untuk maju. Untuk itu alangkah indahnya, bila ada kemitraan yang strategis antara pelaku KUMKM dengan usaha besar. “Tentu kerjasama saling menguntungkan antara pelaku KUMKM dengan usaha besar sesuai dengan porsi dan kemampuan masing-masing,” tuturnya. Sehingga diantara mereka ada suasana kondusif untuk saling membesarkan.

Acara cooperative fair digelar rutin setiap tahun oleh Dinas KUMKM. Pada tahun 2012 ini merupakan pelaksanaan yang ke sembilan kalinya. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari para pelaku UMKM, perwakilan dari sejumlah Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) baik lingkup Provinsi Jawa Barat maupun Kabupaten/Kota. Juga turut serta sejumlah perbankan, perusahaan besar yang menjadi mitra KUMKM dan organisasi sosial kemasyarakatan. Pada kegiatan kali ini hadir Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharam, jajaran pimpinan OPD Provinsi Jawa Barat dan sejumlah tokoh perkoperasian. (Rony)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar