Kamis, 07 Februari 2013

Lima Calon Gubernur Jabar Sampaikan Visi Misi




Bandung, - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Kamis (7/1) menggelar siding paripurna istimewa dengan agenda tunggal mendengarkan penyampaian visi dan misi lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam pemilihan gubernur /wakil gubernur (Pilgub) Jabar 2013.
Dengan dibacakannya visi dan misi oleh masing-masing pasangan calon di depan para anggota dewan terhomat tersebut sekaligus secara resmi menandai dimulailnya masa kampanye mereka.
Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Jabar Ir.H. Irfan Suryanagara didamingi keempat wakil ketua H. Uu Rukmana, H. Ruddy Harsa Tanaya, H. Nur Suprianto dan H. Komarudin Thaher serta Sekretaris Dewan Hj. Ida Hernida, juga seluruh anggota DPRD Jabar dihadiri pula mantan Gubernur Jawa Barat, HR. Nuryana dan H. Danny Setiawan.  Undangan lain yang hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinana Daerah (FKPD) Jawa Barat, Ketua KPU Jabar, Ketua Panwas Jabar, Ketua KPID Jabar, sesepuh, alim ulama, tokoh ormas dan OKP serta para simpatisan dan tim sukses.
Tak ketinggalan wartawan yang meliput jalannya sidang bersejarah ini juga melihat kehadiran politisi Partai Golkar Nurul Arifin. Kendati tidak menyaksikan  jalannya sidang hingga selesai, namun kehadirannya sempat mencuri perhatian awak media. Kahadiranya tiada lain turut memberi dukungan terhadap proses demokrasi di Jawa Barat.
Sidang paripurna kali ini berlangsung tertib dan lancar. Di bawah pengawalan ekstra ketat aparat kepolisian dibantu pasukan Satpol PP dan security setempat, sidang tepat dimulai pukul 10.00 Wib  dan berakhir pada pukul 12. 30 Wib.
Di ruang sidang paripurna kursi yang tersedia tampak penuh, sementara di luar gedung panitia juga menyediakan tenda besar yang diperuntukkan para relawan dan kader masing-masing calon juga tampak berjejal. Pengamatan ‘Priangan Pos” terbanyak menyertakan masa adalah pasangan nomor urut lima yakni Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki. Mereka tampak mendominasi dan mengepung gedung DPRD Jabar dari berbagai penjuru lengkap dengan seragam kotak-kotaknya.  
Masing-masing pasangan calon diberi waktu selama 20 menit untuk menyampaikan visi-misi dan programnya. Penyampaian visi-misi dimulai oleh pasangan calon nomor urut 1 dari jalur perseorangan (independen) yaitu Dikdik Muliana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib, dengan visinya TAWADHU (Tertib, Aman, Wibawa, Asri, Dinamis, Harmonis dan Unggul).
Penyampaian visi-misi dilanjutkan oleh pasangan calon nomor urut 2 dari Partai Golongan Karya (Golkar), Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin (Yance) dan Tatang Farhanul Hakim, dengan visinya JABAR MULIA (Makmur, Unggul, Lestasi, Inovatif dan Agamis. 
Visi-misi Babarengan Baraya (Bahagia, Sejahtera dan Berkarya) menuju Jabaraya (Jawa Barat Berjaya) disampaikan pasangan nomor nomor urut 3 dari koalisi Partai Demokrat dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dede Yusuf Macan Effendi dan Lex Laksamana Zaenal Lan.
Pasangan calon nomor urut 4 dari koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB), Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, menyampaikan visi-misi Jawa Barat Maju dan Sejahtera untuk Semua. 
Selanjutnya, visi-misi Jabar Baru – Jabar Bersih (Jawa Barat Baru yang Adil dan Makmur melalui Pelayanan Birokrasi yang Bersih) disampaikan oleh pasangan calon nomor urut 5 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki.
Penyampaian visi-misi di depan para wakil rakyat tersebut diwarnai tepuk tangan dan yel-yel dari para pendukung pasangan calon masing-masing, terutama mereka yang mendengarkan melalui pengeras suara di luar Gedung DPRD. Kendati diselingi peringatan pimpinan sidang karena visi-misi yang disampaikan 4 pasangan calon melebihi waktu 20 menit, Sidang Paripurna Istimewa DPRD Jabar itu berjalan sangat lancar, aman, tertib, dan terkesan meriah.   
Usai sidang ditutup,para pasangan calon mendapat kesempatan berjabat tangan sebagau ucapan selamat dari para pimpinan dan anggota dewan serta undangan lainnya. Sebelum keluar gedung dan menuju Lapangan Gasibu, terlebih dahulu masing-masing pasangan calon mendapatkan kesempatan untuk  jumpa pers dengan awak media secara bergantian bertempat di ruang lobby gedung dewan.
 Setelah itu sesuai jadwal yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar), semua pasangan calon keluar Gedung DPRD lalu berjalan kaki menuju tangga Lapangan Gasibu untuk mengikuti prosesi Pawai Kampanye Damai bersama Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat dan para komisioner lainnya yaitu Teten Setiawan, Ferdhiman, Achmad Heri dan Iin Endah Setiawati, yang dikomandoi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Brigjen Pol. Hengkie Kaluara. 
Pasangan yang lebih dulu keluar dari Gedung DPRD dan berjalan menuju menuju tangga Lapangan Gasibu adalah Rieke – Teten Masduki. Bersama pasukan pendukung berbaju kotak-kotak, keduanya tampak menanti 4 pasangan calon lainnya untuk melakukan prosesi Pawai Kampanye Damai. Namun akhirnya mereka mengadakan rapat terbuka dengan pasukan pandukungnya di sebelah barat Gasibu, setelah mengetahui ke-4 pasangan calon lainnya belum beranjak dari areal Gedung Sate. (Rony)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar