Minggu, 02 Desember 2012

Jabar Peringkat 5 Penyebaran HIV & AIDS


Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Ibu Netty  Saat melepas Balon pada peringatan Hari Aids di lapang Gasibu Bandung. pada Hari Sabtu 1 Desember 2012


 Masal News.com.
            Tekad dan keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk  menanggulangi dan menekan laju epidemic kasus HIV dan AIDS pada tahun 2012 belum berhasil dan  tidak sesuai harapan. Bahkan mengalami peningkatan dari tahun 2011 (10 ribu) menjadi 14.000 jiwa pada bulan September 2012 jadi selama itu terjadi 4000 kenaikan penderita HIV Aids.
          Menurut Gubernur Ahmad Heryawan, walaupun terjadi penambahan yang terkena infeksi, namun kita tetap yakin, provinsi Jabar bisa terbebas dari sibdrom HIV/AIDS dan masalah ini bisa ditanggulangi.  “Insya Allah, tahun-tahun mendatang Jabar bisa zero (Nol) dari HIV/AIDS”, ujarnya Aher saat memperingati Hari Aids Sedunia Tingkat Jabar dilapangan Gasibu Bandung, (1/12/2012).
          Untuk mewujudkan Jabar Zero dari HIV/AIDS, Aher menghimbau agar membiasakan  hidup dengan hal-hal yang positif. Selain itu, sebagai bentuk komitmen terhadap pencegahan dan pemberantasan HIV/AIDS, Pemprov Jabar telah menyediakan anggaran maksimal guna menangani permasalahan penyebaran HIV/AIDS.” Berapapun jumlahnya, kita akan anggarkan. Yang penting penderita dapat terus terobati”ujarnya.
          Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Jabar Sri Asmawati Kusumawardani dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari aids sedunia (HAS) tingkat Jabar dengan tema “ Lindungi  Perempuan  dan Anak dari HIV dan AIDS”.
         Tema ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan komitment dalam menekan  laju pertumbuhan dan perkembangan kasus HIV/AIDS, memperluas informasi dan edukasi kepada khalayak ramai agar meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan perempuan dan anak-anak terhadap HIV/Aids ini.
            Berdasarkan cara penularannya, seks bebas atau ganti-ganti pasangan, menjadi nomor 1 dalam penyumbang angka penderita HIV/Aids. Sementara itu jika dilihat dari kelompok umur, terjadi pada kelompok umur  produktif  (20-49 tahun).Dalam rakaian HAS 2012,   ada beberapa kegiatan dilakukan untuk menyadarkan  masyarakat diantaranya, kegiatan sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat bebas dari narkoba, trifficking, kempanye melalui seni budaya dan memberikan penghargaan terhadap orang/kelompok/ perusahaan/ instansi yang peduli terhadap kasus HIV/AIDS khususnya di Jabar.”Selain itu, kita tidak boleh melakukan diskriminasi kepada para penderita penyakit HIV/Aids atau ODHA, karena mereka membutuhkan motivasi dan semangat untuk sembuh dari penyakit” ungkapnya. (Rony)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar