Rabu, 25 Desember 2013

Di CFD Dago, Heryawan Peringati Hari Ibu Dengan Pemulung





BANDUNG - Minar Mintarsih (46 tahun), pemulung, sepanjang hidupnya tak pernah sekalipun mendapat ucapan selamat Hari Ibu. Namun, Minggu, 22 Desember 2013, yang bertepatan Hari Ibu ke-58, benar-benar menjadi hari spesial baginya.
Hari Ibu bagi perempuan tangguh berputra lima orang ini kian istimewa karena yang memberi selamat adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Momen langka ini terjadi di tengah ruas jalan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day, CFD) Jl. Ir. H. Djuanda, Dago, Kota Bandung.

Heryawan menuju CFD Dago memakai sepeda dari rumah dinas di Gedung Negara Pakuan. Usai mengayuh sepeda sekitar 15 menit, Gubernur bergabung dengan ribuan warga yang memadati Jalan Dago.Warga yang mengetahui kehadiran Jabar 1 berebut menjabat tangan dan berfoto. Heryawan pun melayani satu demi satu. Sebagai wujud penghargaan atas peran kaum perempuan, Gubernur membagikan bunga mawar kepada para ibu.

"Selamat Hari Ibu ya...," ucapnya. 
Pemberian ucapan langsung kepada para ibu khususnya dan kaum perempuan umumnya ini, berlangsung meriah. Mereka yang mendapat ucapan selamat tampak antusias dan gembira atas kepedulian Gubernur Heryawan terhadap hari khusus para ibu.

"Terimakasih Kang Aher," ujar beberapa ibu yang berebut bunga yang dibagikan Gubernur Heryawan.

Di tengah kepadatan warga berjalan santai di kawasan CFD Dago, Heryawan menyempatkan diri untuk menghampiri Minar Mintarsih yang tengah duduk di tembok pembatas tengah jalan. Minar tengah beristirahat sejenak saat karung rongsokannya hampir terisi setengah.
"Ibu sedang apa?" Sapanya seraya duduk di samping Minar. Pemulung yang mengenali Heryawan, gubernurnya, tersekat menjawab pertanyaan. Istri Asep Syaeful (43 tahun) ini --juga pemulung-- sama sekali tak menduga sang Gubernur menghampirinya.

Namun, tak lama kemudian, pemulung yang berdiam di Jl. Kebon Bibit Barat Belakang, Tamansari, Kota Bandung, akhirnya bercakap santai dengan Heryawan. Perempuan asal Kabupaten Cianjur ini menjawab lancar pertanyaan.

Mengakhiri silaturahim singkatnya, Heryawan mencatat alamat lengkap Minar Mintarsih. Gubernur mencatat data ibu pemulung untuk diproses sebagai salah seorang penerima program renovasi Rumah Tinggal Tidak Layak Huni (Rutilahu).

"Kita ikutkan program Rutilahu agar keluarga ibu Minar menempati rumah yang layak," ungkapnya, yang bertindak cepat setelah mendengar cerita kehidupan Sang Pemulung.

Usai dengan Minar, silaturahim berpadu olahraga ringan berlanjut. Di titik yang lain, memanfaatkan pengeras suara kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan senam, Gubernur Heryawan menyapa hadirin. Secara khusus, dirinya memberi ucapan selamat Hari Ibu.

"Kita semua wajib berterimakasih kepada para ibu. Tanpa kaum ibu, kita tak berarti apa-apa. Karenanya, kaum ibu harus senantiasa kita cintai dan hormati," ujar Heryawan, yang berada di ruas jalan CFD Dago sekitar satu setengah jam.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar